November 20, 2019
Macam Macam Asuransi Kesehatan

Yuk Kenali Macam-Macam Asuransi Kesehatan Disini

Berbicara tentang kesehatan, pastinya tidak akan jauh dari kata asuransi. Memiliki asuransi kesehatan tentu saja menjadi hal yang sangat penting, karena asuransi dapat berfungsi sebagai salah satu upaya untuk memudahkan untuk mempersiapkan biaya kesehatan di kemudian hari. Untuk itu, sebaiknya anda mulai mengenali macam-macam asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi anda. Berikut akan disimak ulasannya.

Jenis Asuransi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

1. Berdasarkan Jenis Perawatan

Untuk asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan, dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama adalah asuransi kesehatan rawat inap (in-patient treatment), asuransi ini berfungsi untuk membiayai perawatan bagi pasien yang akan menjalani proses rawat inap atau yang akan menginap di rumah sakit atau opname. Sedangkan yang kedua adalah asuransi kesehatan rawat jalan (out-patient treatment).

Fungsi dari adanya asuransi ini adalah bertujuan untuk membiayai perawatan pasien seperti pelayanan medis, yakni berupa diagnosis, cek laboratorium, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lain. Macam-macam asuransi kesehatan ini melayani pasien yang tidak mengharuskannya untuk opname atau menginap di rumah sakit.

2. Berdasarkan Kepemilikan Badan Penyelenggara

Berdasarkan jenis ini, asuransi juga dibedakan menjadi dua macam yakni asuransi kesehatan pemerintah yakni asuransi yang dikelola oleh pemerintah seperti yang banyak anda kenal yaitu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat. Sedangkan asuransi kesehatan swasta merupakan asuransi yang dikelola oleh suatu badan swasta.

Macam Macam Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

3. Berdasarkan Keikutsertaan

Untuk asuransi berdasarkan jenis ini juga dibedakan menjadi dua macam yaitu sukarela, dimana anda nantinya akan dengan bebas dapat memilih asuransi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi. Selanjutnya untuk yang wajib, maka anda diwajibkan untuk melakukan pembelian asuransi dan melakukan pembayaran sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. Berdasarkan Biaya Yang Ditanggung

Macam-macam asuransi kesehatan ini juga dibedakan menjadi dua macam, yang pertama adalah tanggungan total. Disini asuransi akan menanggung seluruh jenis pelayanan kesehatan. Mulai dari rawat inap, pengobatan, pencegahan hingga pemulihan, untuk klaim asuransi ini biasanya akan disesuaikan dengan yang tertera dalam polis asuransi.

Untuk yang kedua yaitu asuransi berdasarkan tanggungan tinggi saja. Jenis asuransi ini adalah dimana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya pengobatan yang tergolong besar. Untuk itu, jenis asuransi ini tidak melayani jenis pengobatan kecil seperti pemulihan, pengobatan ataupun diagnosis.

5. Berdasarkan Pihak Yang Ditanggung

Asuransi ini terdiri dari personal dan kelompok. Untuk asuransi yang personal biasanya akan menanggung biaya atau memberikan perlindungan kesehatan kepada perorangan atau satu individu saja sesuai dengan syarat aturan polis yang berlaku. Sedangkan untuk kelompok, asuransi ini akan menanggung kesehatan pada kelompok tertentu, seperti keluarga dengan syarat dan ketentuan polis berdasarkan jumlah keluarga yang berlaku.

Macam Asuransi Kesehatan

6. Berdasarkan Cara Klaim Aasuransi

Untuk macam-macam asuransi kesehatan jenis ini juga dibagi mejadi dua. Yang pertama adalah reimbursement dimana jenis asuransi ini mewajibkan anda sebagai pemilik asuransi untuk menganggung biaya pengobatan dari uang pribadi dahulu, lalu kemudian bukti pembayaran dilaporkan ke perusahaan asuransi dan anda kan mendapatkan penggantinya. Untuk cashless, anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi saja ke rumah sakit yang merawat anda.

Selanjutnya pihak asuransi akan membayar biaya rumah sakit tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh seluruh pihak. Untuk itu, sebelum anda mulai membuka asuransi, maka anda perlu memastikan dulu jenis asuransi apa yang ingin anda pilih. Akan tetapi, ada baiknya jika anda menyisihkan sebagaian uang anda untuk menabung. Karena hal tersebut tentunya jauh lebih aman dan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *