December 4, 2020
tumbuh bayi Inilah Tanda-tanda si Kecil Akan Tumbuh Gigi

Yuk Kenali Tahapan Tumbuh Bayi untuk Memberi Stimulasi Asupan Gizi yang Berbeda

Bagi seorang ibu menyaksikan tumbuh kembang sang anak menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Hal-hal seperti mulai mengenali suara ibu hingga belajar berjalan, merupakan momen haru yang tak bisa dilewatkan. Sehingga rasanya ibu tidak ingin ketinggalan segala informasi yang berkaitan dengan tumbuh bayi. Oleh karenanya mereka terus mengikuti apa saja yang sedang berkembang dari si buah hati. Berikut beberapa tahapannya, simak disini.

Tahapan Perkembangan Si Kecil Tersayang

1. Bayi 0-2 Bulan

Setelah bayi lahir, Ia belajar untuk merespon suara yang ada di sekitarnya. Si kecil nantinya akan menanggapi panggilan dengan suara ‘Ooh’ dan ‘Aah’. Meskipun belum sepenuhnya bisa melihat tetapi bayi mulai pola hitam putih. Di akhir usia 1 bulan bayi belajar untuk mengangkat kepala, saat posisi tidur tengkurap. Menjelang umur 2 bulan Ia mulai mengikuti wajah atau benda yang bergerak di sekitar wajahnya, terkadang menampilkan senyum lebih responsif.

tumbuh bayi Tumbuh kembang anak

2. Bayi 3-4 Bulan

Pada usia 3 bulan otot si kecil sudah terbentuk secara bertahap, sehingga Ia lebih kuat untuk mengangkat kepala dan kaki. Ketika diajak bicara bayi akan meresponnya dengan tertawa dan tersenyum. Orang tua disarankan untuk memberi mainan yang aman di sekitarnya, sebagai stimulan untuk gerak tangan. Selain itu bayi akan menggoyangkan mainan yang diberikan, yang bermaksud untuk mengajak orang sekitarnya bermain.

Memasuki usia 4 bulan gigi bayi sudah mulai terlihat tanda-tanda tumbuhnya. Di masa ini orang tua harus rela kekurangan tidur, sebab sang buah hati mulai sering menangis. Hal tersebut karena gigi yang muncul membuat gusi bengkak. Terkadang Ia memasukkan tangan atau benda ke dalam mulutnya. Oleh sebab itu orang tua perlu waspada terhadap benda-benda sekitarnya. Usahakan tidak meninggalkan benda yang berbahaya dekat si kecil kesayangan.

3. Bayi 5-7 Bulan

Menginjak usia 5 bulan indera pendengaran bayi mulai terasah, Ia akan menoleh ketika dipanggil. Indera pengelihatan milik si kecil juga sudah dapat melihat warna-warna lebih beragam. Ibu boleh memberinya MPASI di usia 6 bulan, ada berbagai resep yang bisa dicontoh sesuai dengan kebutuhan bayi. Dan anda sudah bisa mengajak si kecil bermain cilukba saat usia 7 bulan. Bahkan belajar berdiri dengan menggapai barang-barang di sekitarnya.

4. Bayi 8-9 Bulan

Gerakan sang buah hati menjadi semakin aktif menjelang usia 8 bulan. Ia akan berguling ke kanan dan ke kiri, serta berusaha bangun dari tidurnya. Yang paling menggemaskan saat bayi belajar mengenal jari kakinya, sambil bergumam tidak jelas. Si kecil mulai belajar berdiri pada usia 9 bulan. Bahkan tumbuh bayi sudah bisa menggabungkan dua suku kata menjadi suara, misalnya memanggil ‘mama’ menjadi lebih jelas.

tumbuh bayi deteksi masalah tumbuh kembang bayi sejak dini

5. Bayi 10-12 bulan

Di usia 10 bulan anda bisa mengenalkan bayi pada mainan edukasi, agar Ia mengenal bentuk dan warna. Si buah hati mulai bisa menolak sesuatu dengan menggelengkan kepala. Anda boleh mengajarkan minum secara perlahan dengan gelas kecil saat usia 11 bulan. Memasuki usia 12 bulan si kecil semakin mahir dalam berdiri, dan belajar melangkah sedikit demi sedikit.

Setiap perkembangan anak selalu menjadi suatu hal menajubkan bagi orang tua. Rasanya tidak ada yang lebih membahagiakan di dunia, selain melihat sang buah hati tumbuh dengan sehat. Oleh sebab itu orang tua tidak ingin melewatkan apapun tahap tumbuh kembangnya. Selain itu agar anda bisa memberikan stimulan yang tepat untuk mendukung perubahan si kecil, menuju tahapan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *