January 24, 2020
Yuk Ketahui Akibat Jika Premi Asuransi Tidak Dibayar

Yuk Ketahui Akibat Jika Premi Asuransi Tidak Dibayar

Menggunakan jasa asuransi bisa memberikan manfaat jaminan bagi pengguna ketika terjadi resiko finansial. Namun untuk menikmati manfaat tersebut, peserta harus membayar premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Masalahnya, beberapa peserta terkadang tidak mentaati peraturan yang ditetapkan dengan tidak membayar premi. Padahal jika premi asuransi tidak dibayar, peserta harus menangggung beberapa resiko di bawah ini.

Akibat Jika Peserta Tidak Membayar Premi Asuransi

1. Harus Membayar Denda

Premi yang tidak dibayar saat jatuh tempo bisa menyebabkan peserta harus membayar denda. Biasanya asuransi akan menetapkan denda jika pesertanya membayar tagihan tidak tepat waktu. Mungkin denda tidak akan dikenakan ketika pesertanya melunasi pembayaran. Namun, ketika peserta asuransi menggunakan layanan kesehatan setelah melunasi angsuran maka peserta harus membayar denda dengan ketentuan 2,5 persen dari total tanggungan.

2. Status Kepesertaan yang Ditangguhkan

Tidak membayar premi dapat mempengaruhi status kepesertaan pengguna. Biasanya perusahaan asuransi akan menangguhkan kepesertaan sampai premi angsuran tersebut dibayar oleh peserta. Dengan demikian, peserta tidak bisa melakukan klaim jika pada waktu tertentu ia membutuhkan jasa asuransi tersebut. Pengguna Asuransi baru bisa memanfaatkan fasilitas jika sudah membayar tunggakan dan melunasi iuran tepat waktu.

Yuk Ketahui Akibat Jika Premi Asuransi Tidak Dibayar ini

3. Pemulihan Polis yang Bisa Saja Ditolak

Beberapa asuransi masih memberlakukan polis meskipun peserta tidak membayar 1 sampai 3 bulan. Namun penunggakan pembayaran yang mencapai 3 bulan bisa menyebabkan polis lapse, sehingga peserta harus membayar premi yang tertunggak untuk memulihkan polis. Apalagi jika pada saat itu pemegang polis memiliki penyakit yang memberatkan, bisa jadi polis yang dipulihkan ditolak oleh perusahaan.
Ada kemungkinan polis akan diterima dengan syarat pembayaran premi yang semakin mahal. Selain itu, premi yang dipulihkan dari kondisi lapse memiliki masa tunggu yang sama seperti polis asuransi baru. Jika pemegang polis didiagnosa terkena penyakit kritis sebelum masa tunggu selesai, maka ia tidak bisa melakukan klaim kepada perusahaan asuransi.

4. Polis Dibatalkan Oleh Pihak Asuransi

Jika premi asuransi tidak dibayar maka polis bisa batal dengan sendirinya. Hal ini karena dalam perjanjian menyantumkan bahwa pembayaran premi harus dibayar lunas tepat waktu. Pihak asuransi akan terbebas dari tanggungan kerugian yang harus dialami pengguna asuransi. Bahkan meskipun polis batal, pengguna masih berkewajiban menanggung premi asuransi sekitar 20% dari total premi selama satu tahun.

Sesuai dengan UU Perasuransian, pemegang polis dan pihak asuransi sama-sama memiliki tanggung jawab. Pemegang polis berkewajiban membayar premi untuk mendapatkan tanggungan dari resiko yang akan dialami, sedangkan perusahaan asuransi berkewajiban memberi jaminan bagi peserta dengan imbalan berupa premi. Namun jika pemegang polis tidak membayarkan premi, maka kerjasama antara kedua pihak bisa saja berakhir.

5. Status Kepesertaan yang Dinonaktifkan

Kemungkinan paling buruk jika peserta tidak membayar premi adalah status kepesertaanya diblokir. Sehingga pengguna asuransi sudah tidak bisa lagi memanfaatkan layanan asuransi di rumah sakit manapun. Ketika status kepesertaan dinonaktifkan, maka anda harus membuat asuransi lagi dari awal jika ingin kembali menikmati layanan asuransi. Anda juga harus membayar premi lagi mulai dari awal dan menunggu waktu hingga polis bisa gunakan.

Itulah akibat jika peserta asuransi tidak membayar premi asuransi tepat waktu. Selain status kepesertaan yang ditangguhkan, peserta juga harus membayar denda yang ditetapkan akibat penunggakan. Tidak hanya itu, pemegang polis bisa melakukan klaim jika ternyata memiliki penyakit yang kritis. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik sebelum memilih asuransi. Pikirkan akibat yang terjadi jika di tengah jalan, anda tidak mampu membayar premi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *