December 12, 2019
Yuk Simak 5 Inovasi Marketing Yang Wajib Anda Tahu

Yuk Simak 5 Inovasi Marketing Yang Wajib Anda Tahu!

Para pelaku usaha di era millenial saat ini, ditantang untuk mampu menciptakan produk produk unggulan yang berinovasi sesuai perkembangan jaman. Strategi pemasaran yang semakin berkembang, mendorong setiap pelaku usaha dan perusahaan melakukan inovasi marketing agar produknya semakin bersaing. Berikut ini 5 inovasi pemasaran yang wajib anda coba, untuk mempertahankan dan mengembangkan produk bisnis anda.

5 Inovasi Dalam Marketing Yang Wajib Anda Tahu

1. Pertimbangkan review pelanggan

Satu hal yang penting anda perhatikan setelah melepas produk ke pasar, adalah mencari tahu review dari konsumen atau pelanggan tentang produk yang anda jual. Buatlah sebuah layanan survey untuk mengetahui seluruh pengalaman pelanggan, misalnya kemudahan menemukan produk anda, proses pembelian, serta kualitas produk. Anda juga perlu menggali saran dan kritik dari konsumen, sebagai bagan pertimbangan untuk melakukan inovasi dan perbaikan kualitas.

2. Ciptakan produk kreatif bersama pelanggan

Salah satu langkah inovasi dalam strategi marketing ini, menuntut anda untuk menggaet konsumen agar lebih mengenali kebutuhan dan selera mereka. Jika produk anda sudah cukup familiar di pasar, saatnya anda menciptakan inovasi produk bersama sama dengan pelanggan. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencari tahu minat konsumen, dan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Yuk Simak 5 Inovasi Marketing Yang Wajib Anda Tahu sekarang

Anda bisa mengajak pelanggan untuk membuat review atau konten konten menarik seputar produk anda, dan mempublikasikannya di media sosial atau channel Youtube. Selain itu anda juga bisa melakukan inovasi marketing dengan menggelarse jumlah kompetisi, misalnya membuat rencana desain produk terbaru, menciptakan jingle untuk iklan produk, dan menggali ide ide kreatif lainnya dari pelanggan setia dan target konsumen baru.

3. Lakukan kolaborasi dengan social influencer

Perkembangan teknologi telah melahirkan sejumlah profesi baru, salah satunya social influencer. Social influencer ini adalah orang orang yang aktif menggunakan platform media sosial, dan memiliki jumlah pengikut mencapai ratusan ribu dan bahkan jutaan. Social influencer belakangan juga mempromosikan berbagai produk, agar lebih dikenal publik dan menjadi trend. Anda bisa berkolaborasi dengan mereka, atau bahkan menarik salah satunya sebagai brand ambassador produk.

4. Unggulkan unsur visual pada promosi produk

Inovasi pemasaran berikutnya adalah dengan mengunggulkan sisi visual dari produk anda. Alasan utama dilakukannya strategi inovasi ini adalah karena generasi jaman now memiliki rentang fokus perhatian yang cukup pendek, dan lebih memilih konten visual dibandingkan full text. Maka tim marketing bisnis anda harus bisa mengemas promosi singkat dalam klip video atau konten visual lainnya yang berformat gif, dan kemudian mengirimnya ke berbagai platform media sosial.

5. Ikuti trend terbaru di media sosial

Sebagai pelaku usaha di era millenial, anda dituntut untuk selalu up to date dengan beragam perkembangan trend terbaru terutama yang melibatkan target konsumen produk anda. Mengingat hampir semua orang menghabiskan waktu mereka di laman laman media sosial, maka anda harus jeli dan peka terhadap trend terbaru di platform tersebut. Kemaslah promosi dengan personalisasi yang membuat konsumen merasa sangat dekat dengan produk anda.

Menerapkan strategi inovasi pemasaran yang kreatif, bukan berarti anda mengesampingkan kualitas produk yang menjadi ikon unggulan bisnis yang dijalankan. Utamakan kualitas yang tetap terjamin baik, serta pelayanan yang cepat dan menyenangkan agar konsumen selalu merasa istimewa. Ciptakan interaksi yang erat dan langgeng, antara tim bisnis anda dengan target konsumen dan orang orang di sekitar mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *